21 Tempat Wisata Banten yang Wajib Kamu Kunjungi

Banten adalah nama sebuah provinsi di Tatar Pasundan, serta merupakan wilayah yang berada paling barat di Pulau Jawa, Indonesia. Provinsi ini awalnya merupakan bagian dari Provinsi Jawa Barat, namun akhirnya menjadi wilayah pemekaran sejak tahun 2000-an, dengan keputusan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang. (Wikipedia).

22 Tempat Wisata BantenMenara yang menjadi ciri khas Banten, merupakan menara Masjid Agung Banten

 

Banten memiliki banyak tempat wisata yang wajib kamu kunjungi selain Sawarna, misalnya Pulau Umang, merupakan tempat wisata dengan pulau kecil yang sangat cantik(indah) di ujung barat Pulau Jawa tepatnya berada di Kecamatan Sumur Kabupaten Pandeglang – Banten.
Baca juga :

Selain itu Banten juga memiliki 22 Destinasi lainnya yang sangat indah, berikut daftar lengkapnya.

1. Karang Taraje Sawarna

Karang Taraje. Desa Sawarna, Bayah, Kab. Lebak, Banten.Foto oleh @ryanwaliur

Taraje dalam bahasa sunda memiliki artinya tangga, dulunya memang ada karang mirip tangga, namun sekarang sudah terkikis dan tidak berbentuk karang lagi. Pantai Karang Taraje meruapakan pantai dengan bentangan batu karang yang sangat luas. Dengan tumpukan karang yang menjulang dan ombang yang menabrak karang memberikan moment yang indah ketika kita berada di Karang Taraje.
Lokasi : Karang Taraje. Desa Sawarna, Bayah, Kab. Lebak, Banten.

2. Puncak Harapan

Puncak Harapan - Pulau Sangiang. Kab. Serang, Banten.Foto Oleh @aidil_tb

Merupakan salah satu wisata yang ada di Banten, yang sekarang ini mulai dikenal oleh banyak orang melalui media sosial, dengan keindahan alamnya yang menawan sangat cocok untuk pengambilan photo atau selfie.
Lokasi : Puncak Harapan – Pulau Sangiang. Kab. Serang, Banten

3. Tanjung Alang-Alang

Tanjung Alang-Alang. Ujung Kulon, BantenFoto Oleh @yoko__uno

Merupakan tempat yang bisa disebut surga tersembunyi di Banten, pantai ini masih jarang jamah wisatawan, keindahan pantai Tanjung Alang-Alang wajib kamu nikmati, Tanjung Alang – Alang juga dekat dengan beberapa tempat wisata Indah lainnya seperti Tanjung Tembing , Pasir Baduis dan Tanjung Balagedigi .
Lokasi : Tanjung Alang-Alang. Ujung Kulon, Banten.

4. Curug Cihear

Curug Cihear. Desa Ciladaeun, Kec. Lebak Gedong, Kab. Lebak, BantenFoto Oleh @pungrachmat

Curug Cihear posisinya dan letaknya berada di Gunung Leutik tepatnya di dalam Kawasan Gunung Halimun Salak. Air terjun ini letaknya berdekatan dengan wisata Arung Jeram Sungai Ciberang. Curug Cihear memiliki aliran air yang sangat deras dan indah dengan ketinggian air lebih dari 25 meter, dengan lebar sekitar 6 meter.

Lokasi : Curug Cihear. Desa Ciladaeun, Kec. Lebak Gedong, Kab. Lebak, Banten.

5. Pulau Sangiang

Pulau Sangiang. Kab. Serang, BantenFoto oleh @jioreaper

Pulau Sangiang merupakan sebuah pulau kecil yang mempunyai pemandangan sangat indah dengan suasananya yang masih asri. Dan yang pasti pulau Sangiang sudah ditetapkan sebagai Taman Wisata Alam pada 12 Oktober 1993, itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor 698/Kpts-II/93.

Pulau Sangiang memiliki luas daratan sekitar 700.35 Ha dan luas taman laut 720 Ha. Di Sangiang kamu bisa scuba diving, snorkeling, menikmati keindahan terumbu karang di taman laut dengan glass bottom boat, memancing dan berjemur.

Kegiatan scuba diving sendiri dapat dilakukan di sekitar perairan Tanjung Raden, sedangkan di Legon Waru dapat dilakukan wisata menggunakan perahu.

Lokasi : Pulau Sangiang. Kab. Serang, Banten

6. Pantai Legon Pari

Pantai Legon Pari. Desa Sawarna, Bayah, Kab. Lebak, Banten.Foto oleh @lazuardimanalu

Legon Pari Sawarna memiliki pasir yang putih dan bersih. Pasir di pantai ini memiliki karakteristik yang lembut dan halus. Pantai Legon Pari merupakan salah satu lokasi wisata favorit di Sawarna.

Lokasi : Pantai Legon Pari. Desa Sawarna, Bayah, Kab. Lebak, Banten.

7. Pulau Handeuleum

Pulau Handeuleum. TN Ujung Kulon, Banten.Foto oleh @miqdama

Pulau Handeuleum merupakan salah satu pulau terbesar diantara gugusan pulau karang lainnya, letaknya berada di sebelah timur laut Semenanjung Ujung Kulon. Pulau Handeuleum merupakan salah satu tempat wisata yang disukai di Ujung Kulon. Khususnya di Banten.

Lokasi : Pulau Handeuleum. TN Ujung Kulon, Banten.

8. Curug Sata

Curug Sata. Gn. Kencana, Lebak, Banten.Foto oleh @raikadilla

Air terjun Sata merupakan air terjun yang lokasinya berada di Gunung Kencana, air terjun dengan air yang bening, bersih dan sejuk. Air terjun ini masih jarang di jamah wisatawan.
Lokasi : Curug Sata. Gunung. Kencana, Lebak, Banten.

9. Curug Cikotak

Curug Cikotak. Cibojong, Padarincang, Serang, Banten.Foto oleh @nurulhadi82

Banten memiliki banyak wisata air terjun, yang sebenarnya jika kamu explore lagi ada banyak tempat wisata air terjun di Banten dengan medan yang sulit kunjungi, tapi sebanding dengan keindahan air terjunnya. Nah air terjun indah lainnya adalah Curug Cikotak.

Curug Cikotak memiliki temperatur udara yang sejuk, setelah susah payah untuk sampai ke Curug ini, semuanya akan terbayar dengan keindahannya.

Lokasi : Curug Cikotak. Cibojong, Padarincang, Serang, Banten.

10. Telaga Biru Cigaru

Telaga Biru Cigaru. Cisoka, Tangerang, Banten.Foto by @ikramdan

Telaga Biru Cigaru kadang memiliki warna air hijau kadang juga berubah menjadi biru. Karena penomena ini membuat Telaga Biru diserbu ribuan wisatwan.

Setelah dua tahun ditinggalkan oleh penambang, menurut warga setempat air genangan dari Telaga Biru ini bisa berubah-rubah warna.
Lokasi : Telaga Biru Cigaru. Cisoka, Tangerang, Banten.

11. Pantai Anyer

Pantai Anyer. Kec. Anyer, Kab. Serang, Banten.Foto oleh @wikanyogi

Pantai Anyer sudah terkenal sejak lama, terkenal dengan banyak tempat wisata pantai yang indah dan sunset di tempat ini kelewat indah.

Saat berkunjung kamu ke kawasan Anyer, kamu juga bisa mendatangi beberapa tempat wisata alternatif yang cukup menarik,diantarnya adalah Pantai Carita dan juga Pantai Jambu.

Lokasi : Pantai Anyer. Kec. Anyer, Kab. Serang, Banten.

12. Curug Ciporolak

Curug Ciporolak. Desa Hegarmanah (Lebakpicung), Kec. Cibeber, Kab. Lebak, Banten.Foto by @bang.gals

Tempat ini di namai ciporolak karena dulunya sering terdengar batu yang ngaborolak (berjatuhan/reruntuhan) yang di sebabkan derasnya air Curug ini, lokasinya berada dipegunungan sebuah kampung tepatnya di Kampung Lebak Picung.

Selain airnya masih alami dan jernih, airnya pun sangat dingin meskipun dimusim kemarau suhunya kurang dari 15°c. Di Curug ini kamu akan merasakan kenyaman yang sesungguhnya. Sejuk dan nyaman.

Lokasi : Curug Ciporolak. Desa Hegarmanah (Lebakpicung), Kec. Cibeber, Kab. Lebak, Banten.

13. Perkebunan Teh Cikuya

Perkebunan Teh Cikuya. Kec. Cibeber, Kab. Lebak, Banten.Foto by @bang.gals

Perkebunan Teh tidak hanya ada di provinsi Jawa Barat, tapi di Banten pun ada, tepatnya berada di kecamatan Cibeber. Perkembunan teh yang tertata rapih juga ada pesawahan. Tempat yang masih alami.

Perkembunan teh Cikuya ini merupakan milik PT. Harendong.

Lokasi : Perkebunan Teh Cikuya. Kec. Cibeber, Kab. Lebak, Banten.

14. Curug Goong

Curug Goong. Kec. Padarincang, Kab. Serang, Banten.Foto by @firdausialkahfi107

Curug atau air terjun ini berada di kecamatan Padarincang, Curug Goong memiliki daya tarik yang luar biasa, dengan keindahan air terjunnya yang memaukau.

Lokasi : Curug Goong. Kec. Padarincang, Kab. Serang, Banten.

15. Curug Manggung

Curug Manggung. Kec. Carita, Pandeglang, Banten.Foto by @firdausialkahfi107

Curug Manggung berada di kecamatan Carita, merupakan curug dengan ketinggian lebih dari 15 meter ini mulai banyak di kunjungi para wisatawan lokal, khusunya anak muda yang memiliki hobi traveling. Tempatnya sangat cocok untuk kamu yang ingin merefresh otak.

Lokasi : Curug Manggung. Kec. Carita, Pandeglang, Banten.

16. Pulau Lima

Pulau Lima. Serang, Banten.Foto by @anisfdn

Pulau Lima merupakan salah satu pulau yang akan dijadikan objek wisata di Banten dengan keunggulan spot untuk snorklingnya, meskipun masih dalam proses pembangunan. Di pulau ini juga kamu bisa menemukan banyak spot indah, khususnya untuk sunrise dan sunset.

Lokasi : Pulau Lima. Serang, Banten.

17. Pulau Peucang

Pulau Peucang. Selat Panaitan, Kab. Pandeglang, Banten - TN Ujung Kulon.Foto oleh @nikoahmadg

Pulau Peucang merupakan base camp atau tempat pendaftaran wisatawan yang akan menjelajahi Taman Nasional Ujung Kulon.Pulau di Banten dengan perairannya yang masih bersih, pasirnya yang putih, dan juga tempatnya yang masih asri.

“Pulau Peucang” merupakan pulau yang berada di selat Panaitan Kabupaten Pandeglang Banten atau sebelah timur Taman Nasional Ujung Kulon.

Lokasi : Pulau Peucang. Selat Panaitan, Kab. Pandeglang, Banten – TN Ujung Kulon.

18. Pulau Umang

Pulau Umang. Banten.Foto by @ivanastriarani

Di Pulau Umang ini memiliki banyak resort dengan fasilitas perhotelan, akomodasi cottage yang mengelilingi pulau dengan pemandangan menghadap langsung ke laut lepas.

Jika kamu ingin berkunjung ke Pulau Umang, kamu hanya perlu menempuh perjalanan darat sekitar 2 jam dari kota Pandeglang

Kamu juga bisa mencoba hidangan lezat khas Pulau Umang, yaitu aneka seafood, diantaranya adalah ikan kakap merah dan kerapu.

Lokasi : Pulau Umang. Banten.

19. Goa Lalay Sawarna

Goa Lalay Sawarna. Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak, Banten.Foto by @pratamaydh

Goa Lalay adalah salah satu goa yang lokasinya berada di kawasan wisata Pantai Sawarna. letak goa ini di kampung cipanas Desa Sawarna.

Lalay berasal dari bahasa sunda yang berarti kelelawar karena disana dulunya banyak kelelawar sekali. Mulut goa Lalay cukup lebar, tetapi atapnya rendah.

Lokasi : Goa Lalay Sawarna. Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak, Banten.

20. Curug Sawer

Curug Sawer. Gunung Pulosari, BantenFoto by @adiichandra70

Curug Sawer – Pandeglang Dinamakan Curug Sawer karena pancuran atau jangkauan air jeramnya seperti hujan, sehingga masyarakat sekitar menyebutnya dengan Curug Sawer.

Lokasi : Curug Sawer. Gunung Pulosari, Banten.

21. Tanjung Layar Sawarna

Tanjung Layar. Kec. Bayah, Lebak, BantenFoto oleh @iconoeha_72

Pantai yang terletak di Desa Sawarna ini merupakan salah satu wisata yang sangat sering dikunjungi para wisatawan. Di tempat ini ada dua karang yang menjulang kelangi yang mirip layar kapal jaman dulu, ini sebab musabab tempat ini di namai Tanjung Layar.

Lokasi : Tanjung Layar. Kec. Bayah, Lebak, Banten.

Dan ada banyak tempat wisata yang ada di Banten, ayo liburan di Banten, kunjungi semua tempat indah yang ada di Banten.

Ayo tunggu apalagi, jelajahi Banten.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Sawarna.Net © 2015-2018