Alamat: Sawarna, Bayah, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393

Mencari suasana pantai yang indah dan tenang, maka liburan ke Pantai Legon Pari adalah pilihan yang tepat. Karena pantai ini banyak sekali menyimpan keindahan yang sangat alami.

Tentu saja pantai ini sangat cocok untuk wisatawan yang berada di Jakarta atau Jawa Barat. Jarak pantai ini dengan kota Jakarta hanya sekitar 230 km atau sekitar 6 sampai 7 jam perjalanan.

Untuk alamat lengkapnya berada di Sawana, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Cukup jauh memang, namun bagi para wisatawan yang menginginkan sebuah kesunyian untuk menghilangkan penat sejenak. Maka jarak bukan menjadi sebuah masalah yang berarti. Karena pantai ini merupakan surga dunia yang cukup tersembunyi.

Selama dalam perjalanan menuju Legon Pari wisatawan akan melewati banyak pesawahan yang luas miliki warga Sawarna, jika beruntung, maka bisa melihat pemandangan hamparan padi yang berwarna hijau atau menguning. Ini akan sangat indah.

Setelah sampai di Pantai Legon Pari, akan di suguhi dengan keindahan pantai dengan pasirnya yang putih, air lautnya yang jernih, dan tempatnya yang masih asri. Pantai yang satu ini merupakan Pantai Sawarna yang benar – benar surga tersembunyi, karena untuk sampai kesini tidak mudah dan sangat jarang sekali wisatawan yang tahu lokasi ini.

Rute Menuju Pantai Legon Pari

Untuk menuju pantai yang sangat indah ini, maka akan ada 3 jalur yang bisa dilalui. Ketiga jalur ini akan menuntun hingga menuju loksi pantai yang indah ini. Pertama, jalur Timur, perjalanan akan dimulai dari Jakarta. Maka bisa langsung memilih jalur Cikidang, Cijeru atau Cibadak. Ketigak jalur ini akan mengantarkan hingga ke Pelabuhan Ratu. Sampai sana maka cukup menuju ke Cisolok dan kemudian ke Sawarna.

Untuk jalur kedua, atau rute barat, akan dimulai dari Jakarta dengan menuju ke Pandeglang. Jika sudah sampai Pandeglang maka arahkan menuju Saketi dan dilanjutkan ke Malingping. Lalu menuju ke Bayah dan sampailah di Sawarna.

Jalur ketiga, mulai dari Bandung, akan dimulai dari Cianjur dan dilanjutkan hingga Sukabumi. Kemudian rute dilanjutkan untuk menuju Cibadak lalu ke Pelabuhan Ratu, hingga sampai di Cisolok dan sampailah di Sawarna.

Harga Tiket Masuk Pantai Legon Pari

Legon Pari merupakan teluk (lautan yang menjorok ke daratan) yang menyerupai huruf “U”, di tempat ini wisatawan bisa berenang bebas dengan ombak yang bersahabat, tapi tetap jangan terlalu ke tengah, bahaya, bisa tenggelam.

Tempat yang pas untuk wisatawan  yang ingin menenangkan pikiran, karena pengunjung Laguna Pari di hari libur dan biasa sama saja, tidak banyak wisatawan yang tahu tempat ini. Dan tentunya disini wisatawan tidak akan menemukan sampah yang berserakan, yang ada hanya pasir pantai yang halus.

Dari Pantai ini, wisatawan bisa mengunjungi dua tempat wisata Sawarna lainnya, yaitu Pantai Karang Beureum dan Pantai Karang Taraje, yang akan dibahas di artikel lainnya.

Selain itu, untuk melihat sunrise yang indah disarankan untuk menikmatinya di tempat ini, karena menurut mereka yang pernah menikmati sunrise yang indah di Legon Pari, sunrise ditempat ini sangat indah.

Semua keindahan yang ada di pantai ini akan membayar perjalanan jauh yang dilalui. Tidak hanya itu saja, jika mengunjungi pantai ini maka tidak perlu untuk mengeluarkan banyak biaya. Karena harga tiket masuk hanya sekitar Rp 5000 untuk satu orang. Maka tidak akan ragu untuk berkunjung ke tempat yang memukau ini.

Aktifitas Pantai Legon Pari

Dengan harga yang sangat terjangkau, maka akan banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan di Pantai Legon Pari. Keindahan alam yang memukau akan membuat wisatawan ingin berlama-lama. Banyak hal yang bisa dilakukan. Seperti:

1. Surfing

Wisatawan yang memiliki hobi surfing, maka jangan lupa untuk membawa papan surfing ke Pantai Legon Pari. Karena dipantai ini ombaknya sangat bersabahat sekaligus menantang untuk melakukan surfing.  Olahraga surfing memang akan sangat cocok untuk dilakukan di sini. Jadi selain menikmati keindahan pantai, menyalurkan hobi bisa pula dilakukan.

2. Berenang di Pantai

Pergi ke pantai dan tidak berengan maka masih ada bagian yang kurang. Maka pantai Legon Pari akan menawarkan ombak yang landai dan tidak berbahaya untuk berenang dibibir pantai. Jadi para wisatawan bisa santai untuk berenang di pantai ini. Karena secara struktur geografis pantai ini merupakan sebuah teluk. Maka akan sangat aman untuk melakukan aktivitas dibibir pantai.

3. Tracking ke Goa Lalay

Ada hal yang cukup menarik untuk dikunjungi di pantai ini, yaitu Goa Lalay. Maka jika berkunjung ke Pantai Legon Pari, sempatkan untuk berkunjung pula ke Goa Lalay.

4. Wisata Desa

Pemandangan desa khas pantai sangat menarik untuk dikunjungi. Warga setempat yang sangat ramah dan desa yang nyaman akan membuat wisatawan melupakan sejenak kepenantan yang berada di kota.

5. Sunrise yang Memukau

Pantai Legon Pari sangat terkenal dengan indahnya pemandangan sunrise yang sangat memukai. Maka sangat cocok sekali untuk menyempatkan melihat keindahan ini. Apalagi untuk yang memiliki hobi fotografi.

6. Hunting Foto

Jika mengunjungi pantai ini, jangan lupa untuk membawa perlengkapan fotografi. Sudah dikatakan di atas bahwa pemandangan saat matahari terbik akan sangat indah sekali. Maka pastikan perlengkapan untuk menangkap momen cukup lengkap. Tidak hanya pemandangan alam, namun aktivitas warga sekitas juga akan sangat cocok untuk diabadikan.

Sejarah Pantai Legon Pari

Pantai Legon Pari, sebuah pantai yang berasal dari kata Ngelagon atau bisa diartikan dengan menjorok ke darat. Atau merupakan bahasa Sunda yang memliki arti teluk. Sedangkan untuk Pari berasal dari nama ikan pari. Ikan ini dulunya banyak sekali ditemui di pantai Legon Pari.

Fasilitas Pantai Legon Pari

Masalah penginapan, mungkin pantai ini akan jauh berbeda dengan yang ada pantai di daerah kota. Karena di pantai ini akan terkesan sangat sederhana. Hanya ada beberapa warung yang menyediakan jajanan. Namun, untuk para pelancong yang menginginkan sebuah ketenangan, pantai Legon Pari akan menjadi tempat yang sangat tepat.

Penginapan Pantai Legon Pari

Masalah penginapan mungkin bisa dicari sebelum masuk pada kawasan Legon Pari. Karena memang untuk mencari penginapan yang mewah akan sangat sulit disini. Namun jika ingin menginap didekat pantai maka bisa menggunakan beberapa rumah warga yang disewakan untuk penginapan.

Untuk harga akan berkisar dari Rp150.000 hingga Rp 300.000 per kamar. Untuk fasilitas cukup lengkap. Atau bisa juga untuk menyewa homestay yang disewakan didengak dengan pantai.