Pantai Karang Taraje

0
Pantai Karang Taraje
Pantai Karang Taraje @satriatew

Alamat:  Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393

Pantai Karang Taraje merupakan Pantai Sawarna yang memiliki pemandangan karang yang menakjubkan. Meski begitu, untuk sampai ke pantai ini tidaklah mudah.

Pantai Karang Taraje terletak di timur Pantai Legon Pari. Meskipun berdekatan, namun situasi dan kondisinya tidak sama. Pantai Karang taraje lebih terlihat dingin dan keras, sedangkan Pantai Laguna Pari terlihat hangat dan lembut.

Kondisi alam di pantai ini lebih di dominasi oleh batuan karang dengan ukuran yang beranekaragam. Memiliki pemandangan yang tidak kalah indahnya dengan Pantai Sawarna lainnya.

Harga Tiket Masuk

Untuk masuk ke Pantai Karang Taraje wisatawan harus membayar retribusi sebesar Rp5.000/orang. Biaya masuk tersebut sudah termasuk biaya masuk Pantai Legon Pari dan Pantai Karang Beureum.

Dengan harga tiket masuk yang cukup terjangkau, wisatawan bisa mengunjungi tiga pantai. Pos penjaga tiket masuk berada setelah jembatan gantung.

Sama seperti Pantai Tanjung Layar dan Pantai Ciantir, untuk kendaraan roda empat tidak bisa masuk ke Pantai Karang Taraje, hanya bisa dilewati kendaraan roda dua.

Namun jangan khawatir, wisatawan yang menggunakan kendaraan roda empat bisa memarkir kendaraan pada area parkir yang sudah disediakan. Biaya parkir kendaraan adalah Rp5.000.

Rute Menuju Lokasi

Rute menuju Pantai Karang Taraje sama seperti Rute menuju Sawarna. Dengan kondisi jalan yang sudah bagus perjalanan menuju tempat wisata ini akan semakin lancar.

Untuk wisatawan yang berasal dari luar Banten seperti Jakarta, Bogor, Bandung dan sekitarnya bisa memilih jalur timur atau barat. Untuk jelasnya bisa mengikuti rute berikut.

Dari Jakarta

Jika keberangkatan dimulai dari Jakarta, maka wisatawan bisa menggunakan beberapa pilihan rute berikut.

Jalur Timur

Jika dari Jakarta akan menggunakan jalur timur, maka akan melewati Bogor. Menggunakan jalur ini memang lebih cepat. Namun kondisi jalannya cukup curam, banyak tanjakan, turunan dan belokan, khususnya jika menggunakan jalan Cikidang.

Berikut beberapa pilihan rute yang bisa digunakan jika menggunakan jalur timur dari Jakarta.

  • Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cikidang ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Bogor ⇒ Cijeruk ⇒ Cikidang/Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna

Jalur Barat

Jika dari Jakarta menggunakan jalur barat, maka bisa memilih lewat Serang, Rangkasbitung atau Cilegon. Menggunakan jalur barat memang memakan waktu lebih lama. Namun jalan kondisi jalan jalur ini cukup bagus dan stabil.

Berikut beberapa pilihan rute yang bisa digunakan jika menggunakan jalur barat dari Jakarta ke Sawarna.

  • Jakarta ⇒ Serang ⇒ Pandeglang ⇒ Saketi ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Rangkasbitung ⇒ Gunung Kencana ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Cilegon ⇒ Anyer ⇒ Labuan ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna

Dari Bandung

Jika keberangkatan dimulai dari sekitaran Bandung, maka bisa menggunakan rute yang umum digunakan wisatawan berikut.

  • Bandung ⇒ Cianjur ⇒ Sukabumi ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna

Menggunakan Transportasi Umum

Untuk wisatawan yang ingin menggunakan transportasi umum bisa mengikuti petunjuk berikut.

Dari Jakarta

Untuk wisatawan yang akan menggunakan transportasi umum dari Jakarta ke Sawarna maka bisa menggunakan kereta menuju Stasiun Bogor. Dari Stasiun bisa dilanjutkan dengan naik angkot menuju Terminal Baranangsiang.

Dari terminal kemudian dilanjutkan dengan naik bus jurusan Pelabuhanratu, nah dari Terminal Pelabuhanratu dilanjutkan dengan naik elf jurusan Bayah dan berhenti di Simpang Ciawi, dari sini dilanjutkan dengan naik ojek ke Sawarna.

Dari Bandung

Jika keberangkatan dari Bandung bisa dimulai dari Terminal Leuwi Panjang, kemudian bisa menggunakan bus jurusan Bandung-Sukabumi. Kemudian sesampainya di Sukabumi bisa menggunakan bus jurusan Pelabuhanratu, setelah sampai terminal dilanjutkan dengan naik minibus elf menuju Bayah, berhenti di Simpang Ciawi, kemudian dilanjutkan dengan naik ojek.

Dari Bogor

Untuk wisatawan yang berasal dari Bogor dan sekitarnya, bisa memulai perjalanan dari Terminal Baranangsiang. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan bus jurusan Pelabuhanratu, dari Terminal Pelabuhanratu dilanjutkan dengan naik minibus jurusan Bayah, minta berhenti di Simpang Ciawi, dari sini dilanjutkan dengan naik ojek menuju Sawarna.

Dari Bekasi

Untuk wisatawan yang berasal dari Bekasi dan sekitarnya, bisa memulai perjalanan dari Terminal Bekasi dengan naik bus jurusan Bogor dan turun di Terminal Baranangsiang. Kemudian dilanjutkan dengan naik bus jurusan Pelabuhanratu.

Sesampainya di Terminal Pelabuhanratu, bisa dilanjutkan dengan naik minibus jurusan Bayah, berhenti di Simpang Ciawi, dilanjutkan dengan naik ojek menuju Sawarna.

Dari Rangkasbitung

Jika keberangkatan Rangkasbitung, maka perjalanan bisa dimulai dari Terminal Mandala dengan naik bus Rudi dengan jurusan Bayah, bisa juga dengan menggunakan minibus elf jurusan Bayah/Cikotok. Sesampainya di Terminal Bayah, perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik ojek ke Sawarna.

Aktivitas Pantai

Di Pantai Karang Taraje ini wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas seperti di pantai lain nya, namun sayangnya ada larangan untuk berenang karena deburan ombak yang cukup besar sehingga tidak memungkin untuk dipakai berenang, akan tetapi masih bisa melakukan aktivitas lain seperti dibawah ini.

1. Camping di Pinggir Pantai

Camping adalah salah satu kegiatan seru yang bisa dilakukan di Pantai Karang Taraje. Namun disarankan melakukannya dalam bentuk komunitas yang memiliki pengalaman.

Ada beberapa titik yang bisa dijadikan tempat mendirikan tenda, salah satunya yang lokasinya dekat gubung warung milik warga.

Untuk camping di Pantai ini harus menyiapkan berbagai kebutuhan sebelumnya karena jaraknya cukup jauh dari perkampungan.

2. Piknik

Selain camping, Pantai Karang Taraje ini juga cocok dijadikan tempat piknik bersama keluarga. Terdapat area yang teduh yang bisa dijadikan tempat bersantai dan berkumpul.

Sambil menikmati keindahan dan kesegaran pantai bisa sambil menikmati makanan yang dibawa dari rumah.

3. Melakukan Susur Pantai

Berjalan menyusuri Pantai Karang Taraje yang sejuk serta tenang dapat menyegarkan kembali pikiran yang suntuk dan penat.

Pantai ini juga memiliki lingkungan yang bersih, bebatuan karang tersebar di pantai yang menjadikan Pantai Karang Taraje ini pilihan untuk berlibur santai seperti menyusuri pantai.

4. Swafoto Keliling Pantai

Mendapatkan foto yang unik dan menarik menjadi kebanggaan tersendiri, apalagi foto liburan yang bagus bisa kita bagikan ke media sosial seperti Instagram. Foto yang bagus biasanya akan mendapat respon positif.

Nah, di Pantai Karang Taraje ada banyak spot foto menarik seperti batu karang besar, pohon rindang khas pantai, kubangan air laut, dll bisa menjadi hasil foto lebih unik dan menarik.

5. Menikmati Sunset dan Sunrise

Masih menyambung dengan kegiatan camping, pada pagi dan sore hari kita bisa menikmati pemandangan langit yang indah dari Pantai Karang Taraje ini.

Momentum sunrise akan lebih menarik karena matahari terbit dari arah lautan sehingga membuat pemandangan jauh lebih indah.

Asal Muasal Karang Taraje

Mungkin ada beberapa wisatawan yang penasaran kenapa pantai ini diberia nama ‘Karang Taraje’.

Ya, memang setiap nama selalu menyimpan makna, filosofi dan sejarahnya. Nama Pantai Karang Taraje sebenarnya diambil dari sebuah karang yang dalam bahasa sunda menyerupai karang, jika dialihbahasakan ke dalam Bahasa Indonesia berarti ‘tangga’.

Salah satu karang yang berada di pantai tersebut kemudian dijadikan sebagai ikon dari Pantai Karang Taraje ini karena telah dianggap sangat ikonik dan memiliki daya tarik yang khas.

Karang ikonik tersebut berbentuk seperti menyerupai anak tangga yang berundak-undak. Keunikan ini juga sangat berbeda dengan pantai-pantai lainnya, yang ada di gugusan Pantai Selatan Jawa.

Penginapan

Perlu diketahui, untuk saat ini tidak ada penginapan yang percis berada di Pantai Karang Taraje. Untuk penginapan yang tersedia berada di sebelum dan sesudah pintu masuk.

Jenis penginapan yang tersedia dalam bentuk rumah homestay dan perkamar. Untuk harganya tergantung jenis dan fasilitas.

Berita sebelumyaPantai Karang Beureum
Berita berikutnyaPantai Karang Bokor
Informasi wisata, penginapan, villa, resort, dan homestay Sawarna
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here