Pantai Karang Bokor

0
Pantai Karang Bokor

Alamat: Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393

Pantai Karang Bogor merupakan salah satu pantai yang wajib dikunjungi saat liburan ke Sawarna. Pantai ini menyuguhkan pemandangan laut yang menakjubkan.

Diberi nama ‘Karang Bokor’ karena ada karang berukuran besar menyerupai Bokor (wadah yang cekung dan bertepi lebar). Karang ini terpisah dari daratan.

Meski namanya ‘Pantai Karang Bokor’, namun wisatawan tidak diperkenankan untuk berenang, mengingat kondisi pantai yang di penuhi bebebatuan karang dan ombak yang cukup besar.

Lokasi Pantai Karang Bokor berada diantara Pantai Pulo Manuk dan Pantai Goa Langir. Jika dari arah Rangkasbitung, lokasinya setelah Pantai Pulo Manuk.

Pantai ini resmi dibuka setelah pihak Perhutani bekerjsama dengan investor untuk menjadikan Karang Bokor sebagai tempat wisata. Penataannya dilakukan oleh Lembaga Masyarakat Desa (LMD).

Hargat Tiket Masuk

Berbeda dengan Pantai Sawarna lainnya, harga tiket masuk ke Pantai Karang Bokor adalah Rp20.000 per orang belum termasuk biaya parkir jika kita masuk menggunakan kendaraan.

Harga tiket masuk yang lebih mahal karena pantai ini di kelola oleh pihak swasta. Banyak fasilitas dibuat untuk kenyaman wisatawan, seperti akses jalan yang memadai, area parkir, toilet, tempat istirahat dll.

Selain itu, Karang Bokor memiliki beberapa spot wisata. Wisatawan bisa melihat pemandangan hutan yang lebat dan lautan lepas. Juga telah dibangun jembatan gantung di tebing batuan karang.

Rute Menuju Lokasi

Rute menuju Pantai Karang Bokor sama seperti rute menuju Sawarna. Kita bisa menggunakan rute dari jalur Timur dan Jalur Barat, tinggal disesuaikan dengan lokasi keberangkatan.

Untuk jelasnya bisa lihat beberapa rute yang umum digunakan wisatawan yang berasal dari Jakarta, Bogor, Bandung dan sekitarnya.

Dari Jakarta

Untuk wisatawan yang berasal dari Jakarta, maka bisa menggunakan beberapa pilihan rute berikut.

Jalur Timur

Jika dari Jakarta menggunakan jalur timur, maka akan melewati Bogor. Jika ingin waktu tempuh yang lebih singkat bisa menggunakan jalan Cikidang.

Berikut beberapa pilihan rute yang bisa digunakan jika menggunakan jalur timur dari Jakarta.

  • Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cikidang ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Bogor ⇒ Cijeruk ⇒ Cikidang/Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna

Jalur Barat

Jika dari Jakarta menggunakan jalur barat, maka bisa memilih lewat Serang, Rangkasbitung atau Cilegon. Kondisi jalan pada jalur ini sudah bagus untuk saat ini.

Berikut beberapa pilihan rute yang bisa digunakan jika menggunakan jalur barat dari Jakarta ke Sawarna.

  • Jakarta ⇒ Serang ⇒ Pandeglang ⇒ Saketi ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Rangkasbitung ⇒ Gunung Kencana ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Cilegon ⇒ Anyer ⇒ Labuan ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna

Dari Bandung

Untuk wisatawan yang berasal dari sekitaran Bandung, maka bisa menggunakan rute berikut.

  • Bandung ⇒ Cianjur ⇒ Sukabumi ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna

Menggunakan Transportasi Umum

Untuk wisatawan yang ingin menggunakan transportasi umum bisa mengikuti petunjuk berikut.

Dari Jakarta

Untuk wisatawan yang akan menggunakan transportasi umum dari Jakarta ke Sawarna maka bisa menggunakan kereta menuju Stasiun Bogor. Dari Stasiun bisa dilanjutkan dengan naik angkot menuju Terminal Baranangsiang.

Dari terminal kemudian dilanjutkan dengan naik bus jurusan Pelabuhanratu, nah dari Terminal Pelabuhanratu dilanjutkan dengan naik elf jurusan Bayah dan berhenti di Simpang Ciawi, dari sini dilanjutkan dengan naik ojek ke Sawarna.

Dari Bandung

Jika keberangkatan dari Bandung bisa dimulai dari Terminal Leuwi Panjang, kemudian bisa menggunakan bus jurusan Bandung-Sukabumi. Kemudian sesampainya di Sukabumi bisa menggunakan bus jurusan Pelabuhanratu, setelah sampai terminal dilanjutkan dengan naik minibus elf menuju Bayah, berhenti di Simpang Ciawi, kemudian dilanjutkan dengan naik ojek.

Dari Bogor

Untuk wisatawan yang berasal dari Bogor dan sekitarnya, bisa memulai perjalanan dari Terminal Baranangsiang. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan bus jurusan Pelabuhanratu, dari Terminal Pelabuhanratu dilanjutkan dengan naik minibus jurusan Bayah, minta berhenti di Simpang Ciawi, dari sini dilanjutkan dengan naik ojek menuju Sawarna.

Dari Bekasi

Untuk wisatawan yang berasal dari Bekasi dan sekitarnya, bisa memulai perjalanan dari Terminal Bekasi dengan naik bus jurusan Bogor dan turun di Terminal Baranangsiang. Kemudian dilanjutkan dengan naik bus jurusan Pelabuhanratu.

Sesampainya di Terminal Pelabuhanratu, bisa dilanjutkan dengan naik minibus jurusan Bayah, berhenti di Simpang Ciawi, dilanjutkan dengan naik ojek menuju Sawarna.

Dari Rangkasbitung

Jika keberangkatan Rangkasbitung, maka perjalanan bisa dimulai dari Terminal Mandala dengan naik bus Rudi dengan jurusan Bayah, bisa juga dengan menggunakan minibus elf jurusan Bayah/Cikotok. Sesampainya di Terminal Bayah, perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik ojek ke Sawarna.

Setelah sampai Sawarna selanjutnya tinggal menuju Pantai Karang Bokor, lokasinya setelah Pantai Goa Langir jika dari arah Pelabuhanratu.

Aktivitas Pantai

Pantai karang Bokor Sawarna lebih banyak menonjolkan sisi keindahan hutan yang lebat dan pemandangan pantai lautan lepas. Meski tidak bisa digunakan wisatawan untuk berenang dan main pasir, namun wisatawan bisa melakukan aktivitas berikut.

1. Menyusuri Hutan Lebat

Saat pertama kali memasuki pintu masuk, wisatawan yang disuguhi dengan lebatnya pepohonan sekitar. Ada berbagai jenis tanaman khas hutan pantai di tempat ini.

Hal ini karena Pantai Karang Bokor berada di wilayah Hutan Saketeng, yaitu hutan lindung yang masih terjaga keasriannya. Hutan ini juga jadi tempat tinggal berbagai jenis hewan liar.

Nah, jika ingin menikmati pemandangan hutan lebih baik dari parkiran dilanjutkan dengan jalan kaki.

2. Menikmati Pemandangan Laut Lepas

Karang Bokor Sawarna

Pemandangan laut lepas yang disuguhkan Karang Bokor berbeda dengan pantai lainnya, wisatawan akan menikmati indahnya deburan ombak dan laut lepas dari ketinggian — dari tebing.

Bagian ujung akan nampak jelas deburan ombak yang menabrak dinding lebing karang. Pemandangan di Pantai Karang Bokor akan membuat takjub orang yang melihatnya.

Meski di bagian ujung sudah dipasangi pagar pembatas, namun pengunjung harus tetap berhati-hati menjaga jarak.

3. Menikmati Sunset

Pantai Karang Bokor menjadi salah satu tempat yang sempurna untuk menikmati sunset. Pemandangan laut lepas akan lebih indah saat warna langit mulai menguning.

Pemdangan langit sore tentu saja identik dengan hal-hal yang romantis, jadi menikmati langit sunset di Karang Bokor bisa dilakukan bersama pasangan.

4. Melewati Jembatan Gantung

Ada fasilitas yang baru dibangun, yaitu jembatan gantung. Posisinya di sebelah barat Karang Bokor. Jembatan ini dibagun untuk menghubungkan dua tebing karang.

Wisatawan bisa melewati jembatan gantung ini sambil menikmati pemandangan laut lepas. Namun untuk yang memiliki phobia ketinggian tidak disarankan untuk mencobanya.

5. Berfoto

Pantai Karang Bokor memiliki banyak spot untuk tempat berfoto. Tempat yang paling instagramable adalah di bagian ujung tebing dan jembatan gantung.

Dengan pemandangan alam yang menakjubkan akan membuat hasil foto lebih bagus.

6. Memberi Makan Monyet dan Lutung

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa wisata Karang Bokor berada di hutan lindung tempat berbagi bintang hidup. Wisatawan akan sering menjumpai kawanan Monyet atau Lutung.

Wisatawan bisa memberi makan para Monyet dan Lutung dengan makanan ringan dan kacang-kacangan.

Penginapan

Fasilitas tempat bermalam sudah ada di pantai ini, namun jumlah masih terbatas dan harganya terbilang mahal dibandingkan dengan penginapan di pantai lain.

Berita sebelumyaPantai Karang Taraje
Informasi wisata, penginapan, villa, resort, dan homestay Sawarna
BAGIKAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here