Alamat: Sawarna, Bayah, Lebak Regency, Banten 42393

Pantai Pulo Manuk merupakan salah satu wisata di Pantai Sawarna, jika ke Sawarna dari arah Rangkasbitung maka Pantai Pulo Manuk posisinya sebelum Desa Sawarna. Dan jika dari Sawarna memerlukan waktu sekitar 15-20 menit untuk sampai ke pantai yang satu ini dengan menggunakan sepeda motor atau kendaraan roda empat.

Pantai Pulo Manuk berlokasi di Desa Sawarna, Kec. Bayah, Kab. Lebak, Provinsi Banten. Pantai ini dikelola langsung oleh BUMN (Badan Usaha Milik Negara), maka dari itu pantai ini masih asri.

Pulau Manuk juga merupakan tempat persinggahan bermacam – macam jenis burung dari berbagai negara, pulau ini berjarak sekitar 200 meter dari bibir pantai, kita bisa kesana jika air laut dalam keadaan surut. Dan ketika surut juga kamu bisa melihat berbagai macam burung seperti burung kuntul dan camar yang sedang mencari makan di hamparan karang yang luas.

Pantai Pulo Manuk sendiri merupakan pantai dengan pasirnya yang putih halus, memiliki bibir pantai yang panjang dengan hampar pasir putihnya. Tempat ini juga sangat cocok untuk tempat liburan bersama keluarga atau pasangan.

Rute Menuju Pantai Polomanuk

Pantai yang berlokasi di Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten ini tentunya memiliki rute yang cukup mudah karena anda bisa memilih berbagai jalur alternative yang tersedia antara lain rute timur, rute barat dan Kota Bandung.

Bagi Anda yang ingin menempuh rute timur, perjalanan bermula dari Jakarta. Selanjutnya melalui Cibadak, Cikidang atau kota Cijeruk. Dari rute timur ini Anda akan berakhir di daerah Pelabuhan Ratu. Jika sudah sampai di Pelabuhan Ratu, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju ke daerah Cisolok untuk tiba di tujuan akhir yaitu Sawarna.

Selain itu, bagi Anda yang ingin menempuh rute barat, Anda hanya perlu mengikuti rute Jakarta menuju ke kota Cilegon. Setelah tiba di Cilegon, anda perlu melanjutkan perjalanan menuju Anyer. Kemudian, dari Anyer anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Labuan dan menyusuri jalur ke desa Sawarna Banten.

Untuk Anda yang berada di Kota Bandung jangan khawatir karena tersedia juga jalur alternatifnya. Jadi Anda hanya perlu menuju Cianjur terlebih dahulu. Selanjutnya  menuju kota Sukabumi. Dari Sukabumi Anda bisa melalui daerah Cibadak hingga sampai di  Pelabuhan Ratu dan Cisolok. Nikmati perjalanan Anda karena Anda akan tiba di Sawarna.

Harga Tiket Masuk Pantai Polomanuk

Untuk tiketnya, Anda tidak perlu khawatir kehabisan biaya. Karena cukup mergoh kantong sebesar Rp5000 untuk motor dan Rp20.000 untuk mobil maka Anda sudah diperbolehkan masuk. Plus kendaraan Anda akan dijaga oleh petugas parkir. Sangat terjangkau bukan?

Aktifitas Pantai Polomanuk

Ada banyak aktifitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Pulo Manuk. Akan lebiih menyenangkan tentunya untuk menghabiskan momen indah dengan orang-orang tersayang seperti berikut ini.

1. Bermalam Seru di Tepi Pantai

Pernahkan Anda camping di tepi pantai bersama anggota keluarga ataupun temen-teman? Jika belum pernah, Anda patut mencobanya di Pantai Polo Manuk. Dengan pemandangan indah dari laut dan desiran ombak pantai akan sangat menenangkan pikiran di malam hari. Saat pagi hari anda bisa menikmati indahnya pemandangan mentari pagi saat sunset.

2. Update Story Menarik di Pantai

Suka update di sosial media? Pas banget nih, Pantai Pulo Manuk dengan background alamnya yang masih alami akan membuat followers instagram Anda iri dan tertarik mengunjunginya pula. Anda hanya perlu mengarahkan angle kamera Anda di posisi terbaik untuk mendapatkan foto yang Anda inginkan. Jangan sampai ketinggalan foto saat sunset juga ya, dijamin nggak bakal nyesel deh!

3. Menikmati Sunset

Pantai adalah salah satu tempat yang sangat cocok untuk menikmati matahari terbit. Dengan latar belakang laut lepas, pemandangan sunset menjadi primadona yang paling ditunggu-tunggu oleh pegunjung Pantai Pulo Manuk.

Hangatnya mentari di pagi hari baik pula untuk kesehatan. Selain itu udara di pagi hari juga masih asri dan bersih sehingga badan akan benar-benar terasa segar kembali dan siap menjalani kesibukan rutin Anda saat kembali ke kota asal.

4. Memberi Makan Monyet

Sebelumnya Anda harus memastikan tidak ada barang yang dapat menarik perhatian monyet atau lutung karena bisa saja Anda dikejar oleh monyet-monyet dan lutung di pantai. Jika memang Anda sudah yakin, Anda bisa memberi makan monyet dan lutung yang ada di sekitar pantai dengan kacang atau makanan ringan lainnya.

5. Jogging di Bibir Pantai

Jogging merupakan salah satu jenis olahraga yang paling mudah dan murah. Anda bisa melakukan jogging dengan menyusuri bibir pantai. Ditemani dengan matahari terbit dan udara bersih yang masih asri tentunya dapat menenangkan pikiran dan membakar kalori saat berlari sekaligus.

Sejarah Pantai Polomanuk

Pulo Manuk adalah gabungan dari dua kata dalam bahasa Sunda, ‘Pulo’ yang artinya pulau dan ‘Manuk’ adalah burung, di pulau ini dulunya banyak di singgahi kawanan burung dari berbagai jenis. Hingga akhirnya pantai ini diberi nama Pulo Manuk.

Sebelum menyebrangi jembatan Pulo manuk, Anda akan mendapai hamparan tanah yang luas. Menurut sejarah, pada jaman penjajahan Jepang dulu pernah didirikan stasiun kereta api yang menghubungkan Pulo Manuk dengan Saketi dan Rangkas Bitung dan berakhir di Jakarta. Namun selama proses pembuatannya yang dikerjakan dengan system romusha cukup memilukan.

Pembuatan stasuin kereta api tersebut memakan korban sebanyak 93.000 Jiwa. Dimana jenazah korban juga tidak diperlakukan sebagaimana mestinya. Saat ini tidak ada benda bersejarah yang tertinggal kecuali tumpukan batu bara di sepanjang tepi jalan dan tugu peringatan romusha di terminal Bayah.

Fasilitas Pantai Polomanuk

Sebagaimana fasilitas yang tersedia di pantai pada umumnya, anda bisa menemukan home stay, area parkir kendaraan, rumah makan, kamar mandi / MCK, tempat istirahat, penjual makanan khas untuk oleh-oleh dan sebagainya.

Penginapan Pantai Polomanuk

Penginapan di sekitar pantai misalnya Rumah Pulomanuk. Villa yang berisi 4 kamar tidur dengan fasilitas lainnya bisa anda nikmati untuk beristirahat bersama keluarga. Dengan harga sekitar 3 juta per malam Anda bisa reservasi melalui email di roemahpulomanuk@gmail.com untuk memastikan ketersediaannya.

Lalu ada lagi Villa Little Hula Hula Sawarna. Villa ini Memiliki jenis kamar yang terdiri dari Tipe Rimba, Laguna, Paradiso, Jamrud. Sangat cocok untuk anda yang sedang berlibur berdua bersama pasangan, bersama keluarga atau rombongan kantor karena memiliki kamar yang cukup banyak dan area yang luas.

Selain menikmati pantainya yang indah kamu juga bisa menikmati keindahan pemandangan Gunung Kembang yang bisa di lihat dari pulau ini, dan kamu juga bisa mengunjungi hutan lindung, jika beruntung kamu bisa melihat berbagai jenis burung seperti Burung Elang, Cenderawasih, Merak, Rajawali, dan jenis lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here