Alamat: Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393, Indonesia

Pantai Ciantir merupakan salah satu Pantai Sawarna yang banyak dikunjungi wisatawan ketika liburan tiba. Lokasi paling dekat diakses dari jalan utama Desa Sawarna. Dari pintu masuk bisa diakses dengan jalan kaki sekitar 5-10 menit.

Pantai ini juga lebih dikenal sebagai Pantai Pasir Putih, karena pantai ini memiliki bibir pantai dengan hamparan pasir putih terpanjang di Sawarna. Pantai ini banyak digunakan wisatawan untuk melakukan berbagai aktivitas pantai seperti berenang, berjemur, dan berbagai olahraga pantai.

Selain itu pantai ini juga sering digunakan sebagai tempat surfing atau berselancar, karena memiliki ombak yang cukup besar untuk melakukan selancar. Tidak hanya warga setempat yang sering melakukan olahraga ini, di bulan tertentu ketika ombak sedang tinggi-tingginya, banyak turis luar negeri yang surfing di pantai ini.

Pantai ini juga sering dijadikan tempat untuk acara-acara besar seperti berbagai festival musik dan budaya, gathering dari perusahaan, dan acara dari berbagai komunitas besar. Selain memiliki area yang cukup luas, juga lokasinya cukup strategis.

Harga Tiket Masuk Pantai Ciantir

Sama halnya dengan tempat wisata pada umumnya, untuk masuk Pantai Ciantir, wisatawan harus membayar retribusi sebesar Rp5.000/orang. Biaya tersebut sudah termasuk biaya masuk pantai lainnya, seperti Pantai Tanjung Layar dan Pantai Gua Langir.

Dengan harga tiket masuk yang terbilang murah, wisatawan bisa berlama-lama menikmati keindahan pemandangan yang ada di pantai ini. Biaya ini harus dibayar ketika pertama kali saat melewati pintu masuk sebelum jembatan gantung.

Perlu diketahui juga bahwa pantai ini tidak bisa dilewati kendaran roda empat, jadi untuk mobil harus parkir sebelum jembatan gantung masuk pantai. Biaya parkir tergantung lama berkunjung, jika bermalam bisa kena Rp20.000 s/d Rp25.000. Namun jika hanya berkunjung sebentar, biaya parkir hanya sekitar Rp5.000.

Rute Menuju Lokasi Pantai Ciantir

Rute menuju Pantai Ciantir sudah pasti sama dengan rute menuju Sawarna. Untuk masalah kondiri jalan sudah terbilang bagus, khususnya untuk rute dari arah Serang, Rangkasbitung dan Cilegon.

Untuk jelasnya, bisa menggunakan rute yang umum digunakan wisatawan. Jika Ibu Kota Jakarta jadi patokan keberangakatan, maka bisa memilih jalur timur dan jalur barat. Untuk jelasnya bisa mengikuti rute berikut ini.

Dari Ibukota Jakarta

Jika keberangkatan dimulai dari Jakarta, maka wisatawan bisa menggunakan beberapa pilihan rute berikut.

Jalur Timur

Jika dari Jakarta akan menggunakan jalur timur, maka akan melewati Bogor. Menggunakan jalur ini memang lebih cepat. Namun kondisi jalannya cukup curam, banyak tanjakan, turunan dan belokan, khususnya jika menggunakan jalan Cikidang.

Berikut beberapa pilihan rute yang bisa digunakan jika menggunakan jalur timur dari Jakarta.

  • Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Ciawi, Bogor ⇒ Cikidang ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Bogor ⇒ Cijeruk ⇒ Cikidang/Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna

Jalur Barat

Jika dari Jakarta menggunakan jalur barat, maka bisa memilih lewat Serang, Rangkasbitung atau Cilegon. Menggunakan jalur barat memang memakan waktu lebih lama. Namun jalan kondisi jalan jalur ini cukup bagus dan stabil.

Berikut beberapa pilihan rute yang bisa digunakan jika menggunakan jalur barat dari Jakarta ke Sawarna.

  • Jakarta ⇒ Serang ⇒ Pandeglang ⇒ Saketi ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Rangkasbitung ⇒ Gunung Kencana ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna
  • Jakarta ⇒ Cilegon ⇒ Anyer ⇒ Labuan ⇒ Malingping ⇒ Bayah ⇒ Sawarna

Dari Bandung

Jika keberangkatan dimulai dari sekitaran Bandung, maka bisa menggunakan rute yang umum digunakan wisatawan berikut.

  • Bandung ⇒ Cianjur ⇒ Sukabumi ⇒ Cibadak ⇒ Pelabuhan Ratu ⇒ Cisolok ⇒ Sawarna

Mengggunakan Transportasi Umum

Untuk wisatawan yang ingin menggunakan transportasi umum bisa mengikuti petunjuk berikut.

Dari Jakarta

Untuk wisatawan yang akan menggunakan transportasi umum dari Jakarta ke Sawarna maka bisa menggunakan kereta menuju Stasiun Bogor. Dari Stasiun bisa dilanjutkan dengan naik angkot menuju Terminal Baranangsiang.

Dari terminal kemudian dilanjutkan dengan naik bus jurusan Pelabuhanratu, nah dari Terminal Pelabuhanratu dilanjutkan dengan naik elf jurusan Bayah dan berhenti di Simpang Ciawi, dari sini dilanjutkan dengan naik ojek ke Sawarna.

Dari Bandung

Jika keberangkatan dari Bandung bisa dimulai dari Terminal Leuwi Panjang, kemudian bisa menggunakan bus jurusan Bandung-Sukabumi. Kemudian sesampainya di Sukabumi bisa menggunakan bus jurusan Pelabuhanratu, setelah sampai terminal dilanjutkan dengan naik minibus elf menuju Bayah, berhenti di Simpang Ciawi, kemudian dilanjutkan dengan naik ojek.

Dari Bogor

Untuk wisatawan yang berasal dari Bogor dan sekitarnya, bisa memulai perjalanan dari Terminal Baranangsiang. Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan bus jurusan Pelabuhanratu, dari Terminal Pelabuhanratu dilanjutkan dengan naik minibus jurusan Bayah, minta berhenti di Simpang Ciawi, dari sini dilanjutkan dengan naik ojek menuju Sawarna.

Dari Bekasi

Untuk wisatawan yang berasal dari Bekasi dan sekitarnya, bisa memulai perjalanan dari Terminal Bekasi dengan naik bus jurusan Bogor dan turun di Terminal Baranangsiang. Kemudian dilanjutkan dengan naik bus jurusan Pelabuhanratu.

Sesampainya di Terminal Pelabuhanratu, bisa dilanjutkan dengan naik minibus jurusan Bayah, berhenti di Simpang Ciawi, dilanjutkan dengan naik ojek menuju Sawarna.

Dari Rangkasbitung

Jika keberangkatan Rangkasbitung, maka perjalanan bisa dimulai dari Terminal Mandala dengan naik bus Rudi dengan jurusan Bayah, bisa juga dengan menggunakan minibus elf jurusan Bayah/Cikotok. Sesampainya di Terminal Bayah, perjalanan bisa dilanjutkan dengan naik ojek ke Sawarna.

Aktivitas Pantai

Saat mengunjungi pantai ini, wisatawan selain menikmati pemandangan pantai yang indah, juga bisa melakukan banyak aktivitas menarik. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini.

1. Berenang

Umumnya wisatawan yang berkunjung ke pantai ini banyak menghabiskan waktunya untuk berenang dan bermain air. Mulai dari anak-anak sampai orang tua bisa berenang di pantai ini. Supaya bisa tetap berenang dengan aman, wisatawan harus mengikuti instruksi dari penjaga pantai.

Jadi saat akan liburan ke Sawarna ada baiknya membawa berbagai perlengkapan berenang seperti kacamata renang, pelampung, dan lain-lain. Namun jika tidak membawa perlengkapan renang, wisatawan bisa menyewa pelambung dan ban yang tersedia di sekitar pantai.

2. Menikmati Sunset

Pantai Ciantir menjadi salah satu tempat yang pas untuk menikmati pemandangan indah matahari tenggelam. Di pinggiran pantai terdapat banyak kursi dan saung-saung yang bisa dijadikan tempat menikmati indahnya sunset bersama pasangan atau keluarga.

Pemandangan sunset di Pantai Ciantir cukup indah, wisatawan bisa melakukan swafoto, karena hasil fotonya akan bagus dan instagramable.

3. Wisata Kuliner

Jika liburan ke pantai ini jangan khawatir kelaparan, banyak pedagang yang berjualan berbagai makan seafood. Mulai dari berbagai sajian makanan laut seperi ikan bakar, cumi bakar, kepiting dan berbagai masakan khas laut lainnya.

Wisatawan juga bisa memesan nasi liwet yang ditemani dengan ikan bakar, lalap, dan sambal khas. Dan menikmatinya di saung yang menghadap langsung ke pantai. Bisa dibayangkan bagaimana nikmatnya makan ditemani dengan pemandangan laut.

4. Berkemah

Untuk yang memiliki hobi berkemah, pantai ini juga bisa dijadikan tempat mendirikan tenda. Namun, sebelum mendirikan tenda, sebaiknya meminta izin terlebih dahulu ke pihak penjaga pantai, nantinya akan diarahkan lokasi yang aman untuk mendiri tenda.

Di malam  hari saat cuaca bagus, wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan langit pantai. Dan di pagi hari, wisatawan bisa menikmati indahnya pemandangan matahari terbit.

Yang harus diperhatikan ketika berkembah di pantai ini adalah harus tertib, tidak membuang sampah sembarangan, dan membersihkan tempat ketika akan pulang berkemah.

5. Olahraga Pantai

Selain aktivitas diatas, Pantai Ciantir juga bisa digunakan untuk berbagai aktivitas olahraga pantai, seperti bermain bola voli pantai, sepak bola pantai, dan berbagai olahraga lainnya.

Selain itu pantai ini juga sering digunakan untuk berbagai aktivitas game untuk rombongan gathering, karena memiliki area yang cukup luas, datar dan jarangan dijumpai batuan karang.

Penginapan

Ketika liburan ke Sawarna lebih disarankan untuk menginap, selain perjalanan yang cukup panjang, juga untuk mengunjungi banyak tempat di Sawarna memerlukan waktu yang banyak.

Sinar Matahari Resort

Bimbim Homestay

Andra Homestay

Aura Homestay

Andrew Batara