Alamat: Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393

Akhir pekan ini Anda ingin berkunjung ke pantai? Tapi bingung pantau mana yang hendak dikunjungi dikala musim dan cuaca yang ektrim ini. Salah satu rekomendasi pantai yang dapat Anda kunjungi ialah Pantai Gua Langir. Bertempat pada Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten.

Dengan kondisi pantai yang luas dengan hamparan pasir putih yang membentang. Dipadukan dengan keberadaan gua yang terdapat di belakang pantai. Hal ini menyebabkan pantai gua langir menyajikan pemandangan stalagtit dan stalagmit yang super indah.

Rute Menuju Pantai Gua Langir

Untuk rute menuju pantai gua langir Anda tidak perlu khawatir. Pantai yang khas dengan pemandangan biru laut dan lebatnya vegetasi ini, berjarak kurang lebih 150 kilometer dari kota Rangkasbitung. Namun apabila Anda berangkat dari pelabuhan Ratu, Anda hanya mebempuh jarak 46 kilometer saja. Dan jika Anda berasal dari luar kota, Anda juga tidak perlu khawatir tentang akses dan rute.

Akses menuju ke pantai ini sangat mudah dan biayanya juga cukup terjangkau loh! Rute menuju pantai ini, terdapat beberapa rute yang bisa Anda pilih yaitu rute timur, barat, dan rute dari kota Bandung. Jika memilih jalur timur, maka perjalanannya dari kota Jakarta, lalu ke jalur Cibadak, Cikidang atau bisa juga lewat Cijeruk. Ketiga rute ini sama – sama akan menghubungkan Anda ke daerah Pelabuhan Ratu. Dari Pelabuhan Ratu, Anda dapat menuju ke kota Cisolok dan yang terakhir sampai di Sawarna.

Rute selanjutnya adalah dari Barat. Sama seperti rute sebelumnya, perjalanan akan dimulai dari Jakarta lalu ke kota Pandeglang. Dari kota ini Anda selanjutnya akan langsung menuju ke Saketi hingga tiba di Malingping. Dari Malingping, kemudian Anda menuju ke Bayah serta menuju ke Sawarna. Atau Anda bisa pula memilih untuk melewati Rangkasbitung. Setelah itu ke Gunung Kencana dan terakhir ikutilah rute menuju langsung ke Sawarna.

Di jalur Barat tersebut Anda juga bisa memilih jalur dari Jakarta menuju Cilegon. Kemudian langsung melanjutkan perjalanan ke Anyer. Dari Anyer ini, Anda dapat melanjutkan perjalanan hingga tiba di Labuan hingga Sawarna. Jika Anda memulai perjalanan dari Bandung, Anda cukup pergi ke Cianjur lalu Sukabumi. Dari Sukabumi kemudian berangkat menuju Cibadak lalu sampailah pada Pelabuhan Ratu, Cisolok. Setelah itu terakhir Anda alan sampai di Sawarna. Nah begitu mudah bukan rutenya untuk menuju pantai gua langir ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Gua Langir

Nah untuk soal biaya Anda tak perlu risau, galau ataupun gelisah. Liburan tak harus mahal kok! Ini dia buktinya untuk biaya masuk pantai Goa Langir ini Anda cukup hanya membayar biaya masuk sebesar Rp 5.000,-/orang. Dengan harga yang murah meriah ini Anda dapat melakukan berbagai kegiatan liburan dan menikmati suasana segar dan sejuk di pantai. Bahkan dengan biaya sangat terjangkau Anda akan mendapatkan fasilitas yang lengkap dan Anda juga akan dijamin tidak akan kehabisan stok spot untuk berfoto di pantai yang masih alami ini.

Aktifitas Pantai Gua Langir

Adanya obyek wisata yang menarik di pantai ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjungnya, apalagi jika Anda berkunjung dengan orang yang tersayang atau bersama sanak saudara. Tentuk sangat melepas penat setelah beberapa hari bekerja terlalu serius.  Penasaran apa saja sih obyek wisata yang terdapat pada pantai goa langir ini. Yuk simak bareng tentang beberapa objek wisata dan aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk mengisi waktu liburan Anda di pantai gua langir.

1. Panjat Tebing

Ingin liburan yang menguji adrenalin Anda dan tentunya lebih menantang? Anda pecinta hiking bisa nih mencoba permainan memacu adrenalin ini dengan memanjat tebing di pantai Goa Langir Sawarna ini. Di pantai ini terdapat tebing dengan ketnggian sekitar 30 hingga 70 meter yang merupakan tebing batuan kars. Tebing ini sangat cocok bagi pemanjat pemula dengan perlengkapan standar. Tidak heran disini terdapat banyak komunitas panjat tebing yang turut merasakan sensasi memanjat tebing di pantai yang menawarkan keindahannya ini.

2. Camping Ground

Waktu liburan masih panjang? Masih ada banyak waktu Anda  dapat mencoba untuk sesekali merasakan liburan menginap di pinggir pantai dengan memanfaatkan tenda. Anda dapat mendirikan camp pada pantai Goa Langir di Banten ini. Di pantai ini Anda dapat membuat perkemahan karena area yang aman dan cukup luas ini cocok digunskan untuk berkemah sambil menyalakan api unggun. Apalagi saat malam hari Anda akan mendapati pemandangan pantai yang sangat indah dengan langit yang penuh bertabur bintang. Tentu akan menambah keseruan liburan bersama kerabat Anda bukan?

3. Mengabadikan Moment

Liburan memang tidak afdhal jika tidak mengabadikan momentnya namun jika diabadikan momen-momennya dengan berfoto. Di pantai Goa Langir Sawarna ini Anda bisa mengambil gambar dan foto sepuasnya dan memanfaatkan pemandangan alam yang amat indah di sana. Dijamin Anda akan merasa puas dengan keindahan alam yang Anda abadikan di dalam kamera.

Oleh karena itu pastikan Anda mengelist barang bawaan sebelum berlibur ke pantai, apalagi untuk peralatan berfoto yang dilengkapi dengan keadaan baterai penuh ya! Karena sayang sekali jika Anda hanya membawanya hanya dengan keadaan mati baterainya habis dan tak ada lagi kamera yang dateng

4. Menikmati Indahnya Gua

Sensasi memasuki goa akan membuat liburan anda berwarna. Di pantai ini Anda tidak hanya menikmati suasana pantai namun Anda juga dapat merasakan liburan tepatnya di sebuah goa bernama goa Langir. Obyek wisata berupagua ini memiliki tinggi 10 meter dengan lebar 3 meter. Keadaannya sangat lembab dengan pemandangan khas deperti stalaktit dan stalakmit.

Goa Langir terletak di bibir pantai tersebut sehingga menyebabkan air laut masuk ke dalam goa ketika terjadi pasang. Sebenarnya goa ini memiliki jalur yang menembus tebing pantai namun karena sempit dan beberapa kali longsor jadi sebagian jalur tertimbun longsoran. Goa lainnya juga bisa anda kunjungi di sekitar tempat ini yaitu goa kenekes, Seribu Candi, atau Goa Harta Karun.

5. Bermain di Pantai

Bayangkan sebuah pantai yang mempesona dan jauh dari jamahan tangan manusia. Anda bisa menemukan pantai seperti itu di tempat wisata satu ini yaitu pantai Goa Langir. Pantai yang menyuguhkan aneka keindahan yang sangat indah dan menawan. Pemandangannya pun alami dan sangat bersih. Sehingga tidak mengganggu kenyamanan Anda ketika berlibur.

Sejarah Pantai Gua Langir

Pantai Goa Langir merupakan salah satu dari deretan pantai yang ada di daerah Sawarna, salah satu pantai lain yang bisa Anda kunjungi ialah pantai Karang Taraje. Kedua pantai ini memiliki ciri yang sama yaitu memiliki banyak batuan dan juga ombak yang besar. Jadi jika Anda ingin mengunjunginya juga berhati-hatilah dengan ombak kedua pantai ini. Kondisi yang bersih, masih alami, dan memiliki banyak spot foto membuat pantai ini menjadi salah satu destinasi wisata yang cukup menarik.

Pantai Gua Langir di batasi dengan tebing yang kokoh di bagian kiri. Anda dapat menikmati indahnya pantai dengan duduk di bawah tebing dan ini menjadi aktivitas yang sangat menyenangkan yang banyak diminati oleh para pengunjung. Sedangkan gua yang terdapat di bagian belakang pantai menyajikan pemandangan stalagtit dan stalagmit yang indah. Gua ini memiliki bentuk stalagmit yang terlihat unik, sekilas mirip stupa yang ada di Candi Borobudur. Gua Langir ini memiliki lebar 3 meter dengan tinggi mencapai 10 meter. Memasuki guanya, Anda akan merasakan tetesan air yang jatuh karena guanya sendiri cukup lembab.

Sebagai informasi, ketika Anda mengunjungi tempat ini diharapkan tidak lupa untuk membawa perlengkapan seperti senter dan alat penerangan lainnya. Karena langit-langit di Gua Langir sangat pendek dan berbahaya bagi kepala para pengunjung jika sampai terbentur dan mengakibatkan cidera. Jika Anda ingin menjelajahi Gua Langir, sebaiknya Anda hanya masuk sedalam 50 meter dari mulut gua dan jangan lebih dari itu. Mengapa demikian? Dikarena semakin ke dalam semakin mengecil dan banyak ular pyton hingga udara beracun.

Maka dirakutkan adanya hal – hal yang tidak diinginkan, pengunjung dilarang  untuk menasuki gua terlalu dalam. Anda akan melihat banyak bebatuan stalagmit dan stalaktit yang terbentuk dari tetesan air pada ribuan tahun yang lalu. Khusus stalagmit yang berdiri tegak di atas lantai gua, beberapanya memiliki bentuk yang menyerupai stupa pada Candi Borobudur yang berada di Magelang. Maka dari itu ada beberapa orang yang menyebut gua ini sebagai Gua Seribu Candi. Mulut gua ini berada di bibir pantai, jadi ketika laut pasang datang air laut bisa sampai ke dekat bibir gua bahkan kadangkala air laut bisa masuk ke dalam gua.

Fasilitas Pantai Gua Langir

Wisata Pantai Goa Langir Sawarna di Bayah Lebak Banten bisa dibilang sebuah wisata pantai yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi / MCK
  • Tempat Istirahat
  • Penginapan
  • Rumah Makan

Penginapan Pantai Gua Langir

Anda berencana untuk menginap? Nah seperti dijelaskan diatas, Anda dapat memilih destinasi menginap dengan cara berkemah disekitar pantai, tapi jangan terlalu dekat dengan bibir pantainya ya! Anda dapat membawa sendiri perlengkapan berkemah Anda dan tentu dengan cara ini Anda  akan lebih hemat bukan? Cara selanjutnya Anda  dapat mencari penginapan dekat pantai gua langir ini, sepertinya  beberapa rekomendasi tempat menginap ini dapat Anda jadikan referensi untuk menginap disana.

Yang pertama ada Grand Inna Samudra Beach yang jaraknya 24, 41 km dari pantai dengan harga yang cukup ramah yaitu sekitar Rp.515.000 perkamarnya dan perharinya. Yang kedua ada di 77 Sunset Plaza Hotel yang jaraknya sekitar 19, 80 km dari pantai dengan kisaran harga sebesar Rp. 466.000 perhari dan per malamnya. Dan yang terakhir ada Grand Deso Resort Cimaja yang jaraknya  dengan panyai sepanjang 22,33 km. Memiliki hatga sewa perkamar dan per harinya sekitar Rp. 272.000. Nah apabila Anda malas untuk mencarinya, Anda dapat memesannya lewat sutus online yang cepat dan Anda juga bisa membandingkan dengan penginapan lainnya.