Alamat: Pesona Sawarna, Komplek Tanjung Layar Blok Ciantir Desa Sawarna, Sawarna, Bayah, Sawarna, Bayah, Kabupaten Lebak, Banten 42393

Pantai tanjung layar adalah pantai yang terletak di pesisir Lebak Selatan, lebih tepatnya berada di Kab. Lebak, Kecamatan Bayah, Desa sawarna. Di Desa Sawarna ini menyuguhkan banyak tempat wisata seperti Pantai Tanjung Layar, yaitu Pantai Pulomanuk, Goa Lalay, Pantai ciantir dan lain sebagainya.

Memang untuk sampai ke desa wisata Sawarna ini butuh melewati jalan yang berkelok-kelok, namun kesulitan di jalan tersebut akan terbayar ketika sudah singgah di desa Sawarna. Pantai Tanjung Layar ini sendiri disebut demikian karena memiliki karang yang berbentuk layar.

Rute Menuju Pantai Tanjung Layar

Pantai Tanjung layar ini bisa ditempuh dari Jakarta dengan waktu masuk kurang lebih 5,5 jam. Kita bisa melalui tol Jakarta Merak, lalu keluar menuju arah sukabumi.  Setelah itu Kita bisa ambil jalur arah pandeglang hingga bertemu dengan desa sawarna.

Atau anda bisa melalui jalur cijeruk dan Cibadak yang nantinya akan bertemu di Pelabuhanratu, lalu ambil Arah Cisolok maka anda tidak jauh lagi dari desa sawarna.

Jalan untuk menuju desa sawrna ini cukup berkelok, Anda akan sampai pada Pantai Tanjung layar setelah menemukan pantai dengan karang berbentuk layar di komplek desa sawarna Kec.Bayah ini.

Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Layar

Untuk biaya masuknya cukup murah. Rp.5000,- per orang, dan 5rb untuk mobil serta 2rb untuk sepeda motor. Tiket tersebut hanya merupakan tiket masuk pantai, belum termasuk peralatan aktivitas seperti tikar, makanan dan minuman, pelampung serta lain sebagainya.

Aktifitas Pantai Tanjung Layar

Ketika Anda mengunjungi Pantai Tanjung layar ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan dalam mengisi waktu di Pantai tanjung layar. Namun tetaplah berhati-hati dalam melakukan aktivitas dan tetaplah patuhi aturan agar Anda tetap aman. Berikut bebrapa kegiatan yang bisa dilakukan di pantai tanjung layar:

1. Berenang

Hal pertama yang dapat dilakukan di Pantai Tanjung Layar adalah berenang, namun bila Anda berenang di pantai ini tetaplah berada paa radius yang aman dari bibir pantai. Karena Pantai Tanjung Layar ini memiliki ombak yang cukup besar, sehingga bila tidak waspada bisa-bisa nanti terjadi hal yang tidak diinginkan.

2. Bermain Pasir

Dari beberapa pantai yang ada di kawasan Desa Sawarna, Pantai Tanjung Layar termasuk salah satu pantai yang cocok untuk rekreasi keluarga. Selain memiliki ombak yang besar, keadaan di pantai ini lebih condong berpasir. Lahan pasir ini bisa dimanfaatkan untuk bermain pasir, seperti membuat istana pasir bersama keluarga. Tentulah sangat menyenangkan bila melakukanya bersama keluarga.

3. Berselancar

Ombak yang deras, angin yang kencang membuat pantai tanjung layar menjadi pilihan bagi para pecinta olahraga selancar. Dengan ombaknya yang besar pantai ini sangat mendukung keadaan para peselancar.

4. Berfoto di Karang

Saat ini aktivitas berfoto menjadi hal yang trend di masyarakat, tidak mau kalah Pantai Tanjung Layar juga memiliki spot foto yang ciamik. Salah satunya pada karang yang berbentuk seperti Layar. Atau diantara bebatuan karang indah lainya. Namun karena karang yang cukup licin serta ombak yang deras tetaplah berhati-hati dalam berfoto.

5. Camping

Pantai Tanjung Layar juga sering digunakan sebagai Area camping, Karena memiliki hamparan pasir yang besar serta diiringi oleh semilir angina, sangat cocok menjadikan Pantai ini sebagai arena camping.

6. Melihat Sunrise

Bila Anda mengunjungi pantai ini pada sore hari, maka itu adalah waktu yang pas untuk melihat sunrise. Anda dapat menyaksikan Sunrise pada pantai ini.

Sejarah Pantai Tanjung Layar

Dahulu pada masa penjajahan Hindia Belanda, Tanjung ini memiliki naman Java’s Eerste Punt yang artinya “ujung pertama pulau Jawa”, maksudnya jika orang berlayar maka akan datang dari arah barat.

Pada zaman Hindia Belanda dulu di sekitar tanjung layar adalah perkebunan kelapa (dan merupakan perkebunan milik Hindia Belanda), dan setelah Indonesia merdeka, di kelola oleh pihak Perhutani daerah, dan setelah Sawarna mulai dikenal sebagai tempat wisata Pemerintah Daerah mengambil alih Tanjung Layar sebagai kawasan wisata.

Tidak jauh dari Tanjung Layar ada Pantai Ciantir, pantai dengan ombak yang cocok untuk berselancar yang akan di bahas di artikel lainnya.

Di Tanjung Layar terdapat dua bongkahan karang yang berdiri menjulang tegak menyerupai layar kapal zaman dulu, yang kemudian menjadi nama teman ini yaitu Tanjung Layar. Bongkahan karang ini dikelilingi oleh gugus karang yang melindungi kedua karang ini dari deburan ombak.

Fasilitas Pantai Tanjung Layar

Pantai ini memiliki beberapa keunggulan dan fasilitas, seperti penjual makanan, spot berfoto. Di sini juga disediakan penyewaan alat selancar, seperti papan, pelampung, kaca mata,dsb. Anda juga dapat memanfaatkan penyewaan tikar dan penjuaal makanan di pantai tanjung karang ini.

Penginapan Pantai Tanjung Layar

Di daerah desa sawarna, terdapat beberapa pilihan penginapan seperti hotel, guest house ataupun villa. Letaknya tidak jauh dari lokasi pantai, harganya pun beragam. Untuk hotel dan guset house berkisar 200-300 ribuan per kamar. Untuk villa ada yang 600rb hingga 2 juta per malamnya. Semua itu tergantung dengan fasilitas serta kenyamanan setiap kamarnya.